KODE IKLAN DFP 1 Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Tenggara | lagu daerah di indonesia

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Tenggara

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi, secara geografis terletak di bab selatan garis khatulistiwa di antara 02°45' - 06°15' Lintang Selatan dan 120°45' - 124°30' Bujur Timur serta memiliki wilayah daratan seluas 38.140 km² (3.814.000 ha) dan perairan (laut) seluas 110.000 km² (11.000.000 ha).

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meliputi: Baasi, Dimba Nggowuna (Gendang Bambu), Gambus, Kanda Wuta, Kecapi, Ladolado, Ore-Ore Mbondu, Ore ore Nggae, Seruling Bambu.
terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Tenggara
Baasi


Baasi

Baasi ialah merupakan Seperangkat alat musik bambu yang terdiri dari 10 buah. Terbuat dari bambu dan rotan. Dimainkan dengan cara ditiup.

Dimba Nggowuna (Gendang Bambu)

Dimba Nggowuna ialah alat musik yang terbuat dari bambu dan rotan. Alat musik ini dimainkan oleh kaum perempuan sebagai sarana hiburan sesudah final menciptakan tenunan.


Kanda Wuta

Kanda wuta ialah alat musik tradisional Sulawesi Tenggara yang terbuat dari kayu, tanah liat, rotan dan pelepah sagu, dimainkan dengan cara dipukul, dipakai untuk mengiringi tarian lulo. Alat musik Kanda Wuta ini sudah ada semenjak kurun ke-10.


Ladolado

terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Tenggara
Ladolado

Ladolado merupakan alat musik pukul yang biasanya dipakai oleh masyarakat Sulawesi Tenggara, dan dipakai pada ketika acara-acara tertentu.


Ore-Ore Mbondu

Ore-ore mbondu ialah alat musik yang terbuat dari tembaga atau tulang yang telah dilubangi, lalu diberi tali. Cara memainkannya ialah dengan cara ditiup.

Alat musik ore-ore mbondu ini pada zaman dulu dipakai oleh muda-mudi ketika panen.


Ore ore Nggae

Ore ore Nggae ialah alat musik yang terbuat dari bambu dan rotan. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh kaum perempuan (gadis) mengungkapkan perasaan hatinya terhadap seorang pria.

(Berbagai Sumber)
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2