KODE IKLAN DFP 1 Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara | lagu daerah di indonesia

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di kota Manado. Provinsi ini di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Gorontalo yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari provinsi Sulawesi Utara. Sementara kepulauan Sangihe dan Talaud merupakan kepingan utara dari provinsi ini merupakan berbatasan dengan Davao del Sur di negara Filipina.

Sulawesi Utara merupakan daerah yang sangat kaya dengan seni budaya Indonesia lainnya. Sulawesi Utara memiliki aneka seni budaya yang khas ibarat tari-tarian, dan budaya.

Berikut ini Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara (Sulut): Arababu, Bansi (Suling), Kolintang, Momongan, Oli, Salude, Sasesahang (Garpu tala Bambu), Tetengkoren.



Kolintang

Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara
Kolintang
Di Indonesia Kolintang dikenal sebagai alat musik perkusi bernada dari kayu yang berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Kayu yang digunakan untuk menciptakan Kolintang ialah kayu lokal yang ringan namun besar lengan berkuasa ibarat kayu Telur (Alstonia sp),kayu Wenuang (Octomeles Sumatrana Miq),kayu Cempaka (Elmerrillia Tsiampaca),kayu Waru (Hibiscus Tiliaceus), dan sejenisnya yang memiliki konstruksi serat paralel. Nama kolintang berasal dari suaranya: tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). Dalam bahasa daerah, undangan "Mari kita lakukan TONG TING TANG" adalah: " Mangemo kumolintang". Ajakan tersebut hasilnya bermetamorfosis kata kolintang.


Momongan

Momongan ( Gong perunggu ) ialah alat musik asal Tomohon di Minahasa. Momongan ialah merupakan alat musik tradisional dari Sulawesi Utara yang lebih kita kenal dengan nama Gong. Alat musik momongan ini terbuat dari perunggu yang dibunyikan dengan cara dipukul.



Salude

Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara
Salude
Salude merupakan alat musik homogen sitar tabung yang termasuk dalam kelompok ido-kardofon. Cara memainkan alat musik tradisional ini dengan cara dipetik serta dipukul dengan pelepah pinang.

Salude dibentuk dari seruas bambu dan dilengkapi dua dawai yang diperoleh dari kulit ari bambu tersebut. Pada kepingan tengah tubuh bambu terdapat lubang yang berfungsi sebagai resonator. 


Tetengkoren

Tetengkoren ialah sebuah alat komunikasi tradisional masyarakat Sulawesi Utara yang hingga ketika ini masih dipergunakan.

Selain sebagai alat musik, nama tetengkoren juga merupakan sebuah tarian. tari tetengkoren mengungkapkan suatu kebiasaan sekelompok petani di desa Minahasa ketika selesai melakukan aktifitas di kebun (mapulus). Sambil istirahat melepas lelah mereka bermain, bercanda, dan bersukaria sambil memukul-mukul bambu yang oleh masyarakat setempat dinamakan Tetengkoren.
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2