KODE IKLAN DFP 1 Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat | lagu daerah di indonesia

Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Papua Barat ialah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibukotanya ialah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya ialah Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat. Papua Barat dan Papua merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

Provinsi Papua Barat ini meski telah dijadikan provinsi tersendiri, namun tetap menerima perlakuan khusus sebagaimana provinsi induknya. Provinsi ini juga telah mempunyai KPUD sendiri dan menyelenggarakan pemilu untuk pertama kalinya pada tanggal 5 April 2004.

Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat terdiri dari: Guoto, Tifa.


Guoto

 ialah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat
Guoto

Guoto merupakan alat musik petik dari tempat Papua Barat yang terbuat dari kayu dan kulit binatang, hewan yang biasa digunakan kulitnya yaitu Lembu. Guoto dimainkan dengan cara memetik dawai/senarnya.



Tifa

 ialah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua Alat Musik Tradisional Provinsi Papua Barat
Tifa
Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bab Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya mirip kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya. Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa mirip Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan bunyi yang anggun dan indah. Bentuknyapun biasanya dibentuk dengan ukiran. Setiap suku di Maluku dan Papua mempunyai tifa dengan ciri khas nya masing-masing.

Tifa biasanya digunakan untuk mengiringi tarian perang dan beberapa tarian tempat lainnya mirip tarian tradisional suku Asmat dan tari Gatsi.

Berbagai Sumber
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2