KODE IKLAN DFP 1 Alat Musik Tradisional Provinsi Sumatera Selatan | lagu daerah di indonesia

Alat Musik Tradisional Provinsi Sumatera Selatan

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Sumatera Selatan yakni salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bab selatan Pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Palembang. Secara geografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kep. Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat.


Secara garis besar, Alat Musik Tradisional Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meliputi: Alat Musik Tenun, Biola, Burdah atau Gendang Oku, Gambus, Genggong, Gong, Kenong (Kenung Basemah), Kulintang (Kolintang), Marawis, Seruling, Terbangan (Rebana), Terompet.


Alat Musik Tenun 

Sumatera Selatan yakni salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bab selatan P Alat Musik Tradisional Provinsi Sumatera Selatan
Alat Musik Tenun 
Alat musik ini terbuat dari kayu berbentuk persegi panjang, bab tengahnya terdapat bentuk segitiga berangkai yang apabila dipukul akan menghasilkan bunyi tertentu.

Dinamakan alat musik tenun alasannya yakni alat musik ini memang dahulunya sering dimainkan ketika para perempuan sedang bekerja menenun kain. Alat musik ini yakni sarana hiburan dan pelipur rasa bosan bagi para perempuan yang sehari-hari bekerja. Cara memainkannya cukup gampang yaitu dengan cara dipukul memakai kayu pada bagian-bagian tertentu yang menghasilkan nada-nada berbeda.


Burdah atau Gendang Oku

Sumatera Selatan yakni salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bab selatan P Alat Musik Tradisional Provinsi Sumatera Selatan
Burdah / Gendang OKU
Burdah yakni alat musik homogen gendang berukuran besar yang dibentuk dari kulit binatang dan kayu nangka, dibandingkan dengan rebana, ukuran burdah lebih besar. Karena alat musik ini pertama kali ditemukan dalam budaya masyarakat Ogan Komering Ulu atau OKU, maka banyak pula orang yang menyebut alat musik ini dengan nama Gendang Oku.

Burdah sering dimainkan dalam acara-acara moral sebagai alat musik ritmis. Cara memainkannya yaitu dengan ditepuk bab kulit membrannya memakai telapak tangan. Dalam upacara pernikahan, latihan pencak silat, atau ketika ada upacara moral Palembang kita akan dengan gampang menemukan alat musik ini.

Selain itu, alat musik tradisional Burdah / gendang oku ini dimainkan untuk mengiringi lagu Islami (barjanji) pada program keagamaan yang dimainkan sendiri maupun berkelompok. Burdah juga sering dipakai untuk mengiringi kesenian pencak silat.


Gambus

Alat musik gambus merupakan alat musik petik ibarat mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Walaupun alat musik gambus ini sanggup ditemui di beberapa tempat di Indonesia, akan tetapi bentuk alat musik gambus dari Sumatera Selatan ini tentu saja mempunyai ciri khas

Gambus Palembang terbuat dari kayu dengan enam dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Selain sanggup berfungsi sebagai alat musik melodis, gambus juga sanggup berfungsi sebagai alat musik harmonis.


Genggong

Sumatera Selatan yakni salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bab selatan P Alat Musik Tradisional Provinsi Sumatera Selatan
Genggong Sumatera Selatan
Genggong ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Besemah Kota Pagaralam, homogen alat musik tiup yang menghasilkan bunyi ibarat harmonika.

Alat musik ini terbuat dari bilah bambu, kayu, pelepah enau atau logam dan dimainkan dengan cara dipegang ditangan kiri dan bab sisinya ditempelkan ke bibir. Selanjutnya dengan memainkan pengecap getar yang ada pada genggong dengan ajudan maka genggong akan menghasilkan bunyi. Sedangkan untuk mengubah nada-nada dalam melodi genggong dilakukan dengan mengolah posisi rongga verbal yang juga berfungsi sebagai resonator.


Kenong (Kenung Basemah)

Selain di Pulau Jawa, Alat musik tradisional kenong sanggup ditemui juga di Sumatera Selatan. Kenong merupakan alat musik yang terbuat dari tembaga yang merupakan salah satu alat musik tradisi yang melengkapi gamelan jawa. Di Sumatera Selatan terdapat alat musik kenong khas gamelan suku Basemah di tempat Pagar Alam Sumatera Selatan.


Kulintang (Kolintang)

Kolintang yakni alat musik tradisional Sumatera Selatan berupa susunan logam kecil yang dimainkan dengan cara dipukul memakai alat pemukul khusus. Alat musik ini sering dimainkan oleh masyarat suku Komering pada ketika upacara moral atau pertunjukan seni tradisional. Kolintang di tempat lain di Indonesia mempunyai nama yang beragam, di Riau contohnya alat musik ini disebut dengan nama Calempong atau Talempong.


Terbangan (Rebana)

Terbangan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat musik pukul yang berasal dari Sumatera Selatan ini disebut juga dengan rebana. Terbangan terdiri dari  empat rebana Hadrah dan satu buah Jidur (Bedug kecil), biasanya berwarna merah, hitam, dan emas.

Berbagai Sumber
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2