Sebenarnya untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci bisa dilakukan dengan banyak cara baik itu dengan memakai tools ibarat keyword planner maupun dengan cek eksklusif secara manual dengan mengetikkan kata kunci yang dimaksud di search engine. Diantara banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci tersebut, manakah yang paling valid? untuk mengetahui balasan dari pertanyaan tersebut mari kita lakukan analisan beberapa cara berikut di bawah ini
Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Kata Kunci
1. Tingkat persaingan suatu kata kunci berdasarkan data google keyword planner
Cara ini memang paling gampang namun berdasarkan saya pribadi data yang diberikan oleh google keyword planner kurang akurat, alasannya sangat sederhana yaitu alasannya yaitu data yang diberikan oleh google keyword planner bukan merupakan data terupdate dan selain itu google keyword planner mengambil data hanya berdasarkan antara jumlah pencarian dengan banyaknya jumlah artikel yang tersedia di indeks google. Meskipun tidak akurat, paling tidak dengan google keyword planner ini kita mendapat citra sekilas ihwal tingkat persaingan suatu kata kunci. Kaprikornus tidak ada salahnya kita mengakibatkan google keyword planner sebagai acuan pemanis untuk mengetahui seberapa berat tingkat persaingan suatu kata kunci. Untuk memakai keyword planner bisa sahabat baca panduannya di cara menggunakan
2. Tingkat persaingan kata kunci berdasarkan result di pencarian google
Ada 3 cara yang biasa dilakukan oleh kalangan blogger dalam memilih tingkat persaingan kata kunci yaitu
- dengan mengetikkan eksklusif kata kunci
Sebagian blogger masih ada yang memakai metode ini dan merasa besar hati kalau sudah menjadi juara di google alasannya yaitu bisa bersaing di kata kunci yang mempunyai jumlah result yang tinggi padahal cara ini sangat sangat jauh dari kata akurat. Untuk mengambarkan pernyataan saya ini, mari kita analisa 2 kata kunci berbeda berikut ini
kata kunci daftar facebook mempunyai jumlah result hampir menyentuh di angka 75.000.000 & anda boleh percaya atau tidak, kebetulan saya mempunyai blog gres yg dikala ini berusia kurang dari 3 bulan & ternyata sudah bisa di page one atau di peringkat 3 atau 4 yang kompetitornya juga yaitu blog blog personal dan bandingkan dengan kata kunci ke 2 berikut ini
hanya mempunyai 876.000 result (sangat jauh dibandingkan dengan kata kunci pertama) tapi kata kunci ke 2 ini justru mempunyai tingkat persaingan yang lebih berat. Jika anda mengejar kata kunci hotel murah maka yang menjadi kompetitor anda yaitu perusahaan-perusahan besar yang siap mengeluarkan jutaan rupiah untuk jasa seo profesional dan beriklan di adwords ibarat agoda[dot]com, traveloka[dot]com dan perusahaan besar lainnya
- dengan mengetikkan kata kunci dan menambahkan intitle
Cara ini sedikit lebih akurat alasannya yaitu dengan menambahkan intitle sebelum kata kunci artinya menggali gosip berapa jumlah kompetitor yang memasukkan kata kunci pada judul artikelnya yang pada umumnya kata kunci tersebutlah yang dioptimasi oleh admin blog akan tetapi seiring perkembangan waktu, tehnik seo onpage (penerapan longtail keyword) mengakibatkan cara ini dipertanyakan keakuratannya
Yang menjadi pertanyaan yaitu mana cara yang paling akurat untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci?
Untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kunci yang sebenarnya yaitu dengan cara menganalisa satu persatu blog yang menjadi juara di google. paling tidak kita harus menyelidiki 3-5 blog yang berada di peringkat teratas dan yang perlu di analisa adalah
1. Jumlah dan kualitas backlink yang menuju homepage dan artikel blog tersebut
2. Apakah kata kunci yang anda analisa tersebut terdapat di deskripsi blog 5 teratas tersebut
3. Usia domain dari masing-masing blog di 5 teratas
4. Apakah artikel yang memuncaki 5 peringkat teratas tersebut di pasang pada sidebar
5. Apakah artikel yang menjadi 5 besar tersebut banyak mempunyai artikel penunjang
6. Apakah kata kunci tersebut terdapat di domain (on keyword domain)
7. Apakah kata kunci tersebut juga menjadi judul dari blog tersebut
Jika jawabannya yaitu ya atau paling tidak 5 dari 7 kriteria di atas terdapat pada blog tersebut maka artinya kata kunci tersebut mempunyai tingkat persaingan yang relatif berat alasannya yaitu itu lah kata kunci yang benar-benar di meningkatkan secara optimal oleh pengelola blog tersebut dan artinya kalau ingin bersaing dengan blog-blog tersebut maka kita harus bisa mengoptimasi lebih manis lagi dari blog-blog yang menjadi 5 besar peringkat teratas tersebut dan mengetahui apa yang menjadi nilai minus dari blog kompetitor
Sebelum saya akhiri artikel ini sedikit perlu saya tambahkan bahwa seberat apapun tingkat persaingan suatu kata kunci dan sehebat apapun meningkatkan secara optimal yang di lakukan oleh para pemuncak serp bukan berarti tertutup peluang untuk kita-kita sebagai blogger pemula untuk bisa bersaing alasannya yaitu intinya google lebih menyukai fresh konten dan disatu sisi sebagian besar blogger akan berhenti mengoptimasi artikel yang sudah berada di page one dan disinilah peluang yang harus dimanfaatkan