Berikut ini ialah pola soal Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 (ganjil/gasal). Soal ini bisa dipakai sebagai materi latihan soal dalam menghadapi ujian tamat semester 1. Dengan banyak berlatih soal mudah-mudahan lebih siap secara mental maupun materi. Soal ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga akan lebih memudahkan dalam belajar.
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Salah satu ciri khas bangsa Amerika ialah kesukaannya menciptakan peringkat. Apa pun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah populer menyerupai Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Kedua, iklim kompetisi yang semakin ketat. Jelaslah bahwa menciptakan peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.
1. Gagasan utama paragraf di atas ialah ...
a. Pembuatan peringkat dipengaruhi oleh dua faktor
b. Apa pun bisa diperingkat
c. Kebiasaan bisnis bangsa Amerika
d. Bangsa Amerika suka menciptakan peringkat
Bacalah kutipan dongeng berikut ini!
Mogu tetapkan untuk bermalam di hutan. Ia bersandar di pohon dan jatuh tertidur. Dalam tidurnya, kurang jelas Mogu mendengar bunyi memanggilnya. Mula-mula ia berpikir, itu hanya mimpi. Namun, pada ketika ia terbangun, bunyi itu masih memanggilnya. ”Anak muda, bangunlah! Siapakah engkau? Mengapa kau ada di sini?” Mogu amat bingung. Dari mana bunyi itu berasal? Ia mencoba melihat ke sekeliling. ”Aku di sini. Aku pohon yang kau sandari!” ujar bunyi itu lagi. Seketika Mogu menengok. Alangkah terkejutnya ia! Pohon yang disandarinya ternyata mempunyai wajah di batangnya.
2. Dongeng di atas sanggup ditulis kembali menjadi ....
a. Mogu tetapkan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia pun tertidur dan bermimpi. Dalam mimpinya, ia menyerupai mendengar ada pohon yang bicara.
b. Mogu terkejut alasannya ialah mendengar ada yang bicara. Ternyata, pohon yang disandarinyalah yang berbicara. Bahkan pohon itu mempunyai wajah.
c. Mogu tetapkan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia sangat kaget. Ternyata pohon yang disandarinya itu sanggup berbicara dan mempunyai wajah di batangnya.
d. Mogu yang suka bermalam di hutan menjadi sangat terkejut kaena ada pohon yang bisa bicara dan mempunyai wajah di batangnya.
Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Malaysia berpendapat, para TKI perlu dilindungi dari tindakan eksploitasi oleh sebagian pengusaha setempat yang tidak bertanggung jawab. Tindakan tersebut contohnya dengan hanya memberi upah kecil, sementara jam kerjanya berlebihan. Oleh alasannya ialah itu, dianggap perlu ada pengaturan semenjak kedatangan dan selama keberadaan para TKI di Malaysia. TKI di Malaysia hendaknya benar-benar dipantau oleh para petugas yang terkait dari kedua negara. Namun, sekaligus juga diperlukan semoga para pekerja pendatang itu mempunyai dokumen yang sah. Hal ini dilaksanakan semoga keberadaan mereka terjamin dan terlindungi.
3. Gagasan utama paragraf di atas ialah ...
a. Perlunya TKI dilindungi undang-undang
b. Tenaga kerja Indonesia dieksploitasi
c. Pendapat Pemerintah Malaysia perihal TKI
d. Keadaan tenaga kerja Indonesia di Malaysia
4. Saat menerima kiprah membaca teks Undang-Undang Dasar 1945, sikap dan cara membaca yang harus diperhatikan ialah ....
a. Tenang dan membaca dengan sedikit santai
b. Bersikap biasa atau apa adanya
c. Khidmat, tenang, tidak gugup, membaca dengan bunyi yang keras sekali
d. Bersikap tenang, khidmat dan membaca dengan keras, tetapi tidak berteriak semoga penerima upacara mendengar
Bacalah pantun berikut ini!
Dari Jakarta, menuju Semarang
Jangan lupa beli pepaya
Engkau senang, saya senang
Karena kita memang Saudara
5. Balasan yang tepat untuk pantun di atas ialah ....
a. Makan gulai di atas batu
Kerasnya watu tak terasakan
Jika boleh saya bertemu
Datang bertamu sambil berjalan
b. Jika kenyang alasannya ialah makan
Janganlah lupa akan minumnya
Jika tiba dengan ancaman
Akan kuterima dengan gembira
c. Buah lengkung yummy rasanya
Beli murah di Temanggung
Kita memang bersaudara
Sudah bahagia kita tanggung
d. Jika engkau pergi ke Pati
Belikan saya sekilo duku
Jika engkau berbaik hati
Bantulah saya bawakan buku
Perhatikan kisah anak berikut untuk soal nomor 6 dan 7
”Mia tidak mau tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3G menyerupai milik Tari,” kata Mia ngotot kepada Mama.
”Ini kan masih bagus, Mia. Kurang elok apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya juga belum habis. Lagian apa keuntungannya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih SMP, nanti saja kalau sudah Sekolah Menengan Atas atau kuliah,” balas Mama.
”Mia malu, Ma. Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini pantasnya jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting HP ke sofa.
Mama tidak tahu harus berkata apa lagi alasannya ialah Mama merasa klarifikasi apa pun akan percuma kalau Mia sudah ngambek, alasannya ialah undangan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
”Pokoknya Mia minta ganti. Titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, kemudian membanting daun pintu dengan keras.
6. Berdasarkan kisah di atas, Mia mempunyai sifat ...
a. Penurut
b. Sombong
c. Manja
d. Baik hati
7. Realitas kehidupan bawah umur kini yang tercermin dalam kisah di atas ialah ...
a. Patuh pada nasihat orang tua
b. Membantah perintah orang tua
c. Ingin tampil beda dari teman-temannya
d. Segala keinginan harus segera dipenuhi
Bacalah kutipan isu berikut ini!
Sidang Pleno yang lalu, berlangsung alot dan memanas. Pernyataan Wakil Ketua KPU, Adnan Buyung Nasution yang dikutip pers, ”Sebaiknya anggota KPU yang tidak mendapatkan hasil pemilu mengundurkan diri,” menyulut konflik. Mereka saling menyalahkan antar anggota KPU.
8. Kesimpulan dari isu tersebut ialah ....
a. Pendapat dari Adnan Buyung Nasution menjadi materi pertengkaran antar anggota KPU
b. Sidang Pleno menjadi ajang saling menyalahkan setelah adanya pernyataan dari Adnan Buyung Nasution.
c. Para anggota KPU beradu pendapat pada Sidang Pleno
d. Sebaiknya anggota KPU yang tidak mendapatkan hasil pemilu mengundurkan diri ialah pendapat dari Adnan Buyung Nasution.
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan ada tiga solusi untuk mengatasi permasalahan transportasi, khususnya di Jakarta. Tiga solusi itu terkait dengan reformasi transportasi massa. Sekretaris Jenderal MTI, Danang Parikesit, menyampaikan reformasi transportasi massa itu terkait dengan administrasi pengguna transportasi, pengembangan transporasi yang berorientasi pada jaringan angkutan umum massal, serta pengawasan hukum.
9. Gagasan pokok paragraf di atas ialah ...
a. Adanya reformasi massal di bidang transportasi
b. Pengembangan transportasi yang berorientasi pada kepentingan umum
c. Solusi untuk mengatasi problem transportasi di Jakarta
d. Permasalahan transportasi yang ada di Jakarta
Bacalah kisah pengalaman berikut!
Liburan kemarin, Aulia menerima kesempatan berkunjung ke negeri Serambi Mekah, Nangroe Aceh Darussalam. Aulia mengunjungi neneknya yang memang tinggal di sana. Aulia menyempatkan diri mengunjungi kawasan yang beberapa tahun kemudian tertimpa peristiwa tsunami. Aulia sangat tidak menyangka, meskipun peristiwa itu sudah terjadi beberapa tahun lalu, tetapi tanggapan yang ditimbulkannya sangat luar biasa. Dia sangat bersyukur alasannya ialah tempat neneknya tinggal, tidak terkena peristiwa tersebut. Kunjungannya ke negeri itu, begitu membekas dalam hatinya.
10. Pengalaman yang dirasakan oleh Aulia ialah ....
a. Mengagumkan
b. Mengejutkan
c. Menyenangkan
d. Mengharukan
”Ibu duduk santai saja di dingklik panjang ini,” ajak Dinah seraya menggandeng lengan ibunya.
”Nah, begitu lebih baik kan? Kakinya diselonjorkan.”
”Bu ... Aku pijiti, ya, Bu, ya?”
Ibu berdasarkan saja. Ia tersenyum mendapatkan perlakuan putrinya.
11. Gambaran kehidupan kutipan kisah tersebut dengan realitas kehidupan yaitu...
a. Seorang anak yang peduli terhadap ibunya.
b. Seorang ibu yang suka menyuruh anaknya untuk memijit.
c. Seorang ibu yang ingin dimanjakan anaknya.
d. Seorang anak yang ingin mengambil hati ibunya.
Perhatikan kutipan pengalaman berikut ini!
Tepatnya hari Rabu, 4 Juni 2008 kurang lebih pukul 06.30 Rani terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahnya. Waktu itu, ia bersepeda berjajar dengan sobat dari sekolah lain. Tiba-tiba ada sepeda motor masuk di antara sepeda mereka. Sepeda Rani terseret sepeda motor tersebut. Rani terjatuh di jalan raya. Rani merasa aib bercampur sedih.
12. Kalimat yang tepat ditulis Rani dalam buku harian ialah ....
a. Rabu pukul 06.30, saya terserempet sepeda motor yang melewatiku di pertigaan menuju sekolahku. Luar biasa, insiden yang sangat mengharukan.
b. Waktu saya bersepeda berjajar dengan temanku tiba-tiba dari belakang masuk sepeda motor dan menyerempet saya dan temanku. Aku terjatuh tertimpa sepeda.
c. Aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku dan terjatuh di jalan raya alasannya ialah saya bersepeda berjajar. Hukuman pelanggaran kemudian lintas telah terjadi.
d. Rabu, 4 Juni 2008 pukul 06.30, saya terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku. Aku terjatuh di jalan raya. Wah, aib hatiku waktu teman-teman melihatku berpakaian kotor.
Bacalah kisah pengalaman berikut!
Hari ini saya sangat bangga. Sekolahku berhasil meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion. SSB Champion merupakan salah satu kegiatan Pertamina Foundation dalam pelestarian lingkungan hidup. Dalam kompetensi ini, kami berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah. Sekolah kami berhasil meraih predikat ini berkat training eksklusif dari para jago lingkungan.
13. Pencerita pengalaman di atas merasa gembira alasannya ialah ....
a. Sekolah pencerita meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion
b. Tampil dalam Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion yang diadakan Pertamina
c. Mendapatkan training dari para jago lingkungan
d. Berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah dalam SSB Champion
Perhatikan gambaran berikut!
OSIS Sekolah Menengah Pertama Swadaya Palolo akan melaksanakan kegiatan bakti sosial, dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kegiatan tersebut dikoordinasikan oleh Pembina OSIS. Puncak kegiatan bakti sosial tersebut ialah mengunjungi Panti Asuhan Senang Berseri. Peserta akan didaftar paling lambat 1 Mei 2011.
14. Tulisan pengumuman sesuai dengan gambaran di atas ialah ....
a. OSIS Sekolah Menengah Pertama Swadaya Palolo mengkoordinasikan pelaksanaan bakti sosial. Peserta supaya mendaftar kepada Pembina OSIS tepat 1 Mei 2011.
b. OSIS Sekolah Menengah Pertama Swadaya Palolo akan melaksanakan bakti sosial. Panti Asuhan Senang Berseri tempat kegiatan puncak Peringatan Hardiknas. Peminat supaya mendaftar paling lambat 1 Mei 2011.
c. Acara puncak bakti sosial OSIS Swadaya Palolo mengunjungi panti asuhan. Jelas kau berminat supaya mendaftar pada 1 Mei 2011.
d. Pelaksanaan bakti sosial OSIS Sekolah Menengah Pertama Swadaya Palolo hanya di Panti Asuhan Senang Berseri. Peserta semoga bergegas pada tanggal 1 Mei 2011.
Perhatikan kutipan teks di bawah ini dengan cermat!
Hasil penelitian menunjukkan bahwa arif balig cukup akal merupakan target utama pengiklan rokok. Melalui iklan dan promosi, arif balig cukup akal yang belum merokok akan berada dalam antrean untuk masuk ke dalam sikap merokok. Begitu mulai merokok, mereka tidak gampang untuk berhenti baik alasannya ialah gambaran yang dia yakini maupun alasannya ialah sifat kecanduan rokok.
15. Gagasan utama paragraf di atas ialah ...
a. Remaja Indonesia kecanduan rokok
b. Remaja tertarik iklan rokok
c. Remaja target utama pengiklan rokok
d. Remaja sulit berhenti merokok
16. Berikut ialah penggalan kisah yang sanggup diceritakan dengan ekspresi mencekam adalah ....
a. Esok harinya, kabar menyebar. Kabar itu pun menjadi pembicaraan murid-murid kelas lain. Kebetulan pagi itu, Danan memang belum hadir.
b. Di sebuah desa hiduplah seorang cowok berjulukan Danar. Suatu ketika Danar ingin sekali berguru kepada seorang Guru yang sedang bertapa seorang diri di lereng Gunung.
c. Malam, udara sangat dingin, lebih masbodoh dari malam-malam sebelumnya. Suasana pun tampak sangat sepi, jam memberikan angka sepuluh malam.
d. Aku mempunyai dua ekor anjing. Namanya, Moi dan Donal. Aku takut kehilangan mereka alasannya ialah sangat sayang sama mereka.
17. Dongeng bisa menjadi metode terapi kesehatan bagi anak yang sedang sakit. Dengan dongeng, anak akan muncul impian untuk sembuh.
Kata metode dalam paragraf di atas berarti ....
a. Kesimpulan atas suatu masalah
b. Pembahasan suatu masalah
c. Pelaksanaan suatu program
d. Cara kerja yang teratur
18. Paragraf yang dikembangkan dari gagasan umum menuju ke gagasan khusus disebut ....
a. Paragraf Narasi
b. Paragraf Deduktif
c. Paragraf Induktif
d. Paragraf Campuran
19. Paragraf Induktif ialah paragraf yang ....
a. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf.
b. Gagasan utamanya terletak di tengah paragraf.
c. Gagasan utamanya terletak di tamat paragraf.
d. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf dan ditegaskan di tamat paragraf.
Cermatilah!
AWAS BERBAHAYA
JANGAN MASUK KE LEMBAH
BISA PERGI TAK BISA KEMBALI
20. Penjedaan yang tepat untuk pengumuman di atas ialah ....
a. Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//
b. Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa pergi/ tak bisa kembali//
c. Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah/ bisa pergi/ tak bisa kembali//
d. Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//
Bacalah kutipan dongeng berikut dengan cermat!
Burung gagak yang haus itu hinggap di verbal kendi dan menjulurkan lehernya sedalam mungkin ke dalam verbal kendi. Akan tetapi, walaupun dia telah berusaha sekuat tenaga, paruhnya belum sanggup mencapai air. Dia hampir frustasi ketika dia ingat bahwa dia berada di sebuah penggalian. Tiba-tiba, burung gagak kecil ini menerima ilham yang baik.
Ia memungut sebuah batu, membawanya ke kendi, dan menjatuhkannya ke dalam kendi.
Kemudian, dia memungut watu kedua dan ketiga, hingga permukaan air perlahan-lahan naik, sehingga paruhnya sanggup mencapai air.
21. Hal menarik yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas ialah ....
a. Kecerdikan seekor burung gagak dalam mempertahankan hidupnya
b. Seekor gagak bukanlah binatang yang menakutkan
c. Perjuangan burung gagak dalam mencari makan
d. Tingkah laris seekor burung gagak dalam kehidupan
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Bencana banjir lumpur tanggapan jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan banyak sekali macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul setelah peristiwa ialah diare, tifus, leptospirosis, dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarakat di sekitar lokasi peristiwa harus diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul alasannya ialah lingkungan kotor dan sumber air higienis terkontaminasi lumpur.
22. Gagasan utama paragraf tersebut ialah ...
a. Beberapa penyakit muncul alasannya ialah lingkungan kotor
b. Masalah kesehatan pada korban harus diperhatikan
c. Bencana banjir lumpur tanggapan jebolnya tanggul
d. Bencana banjir lumpur menimbulkan banyak sekali penyakit
Cermatilah kutipan dongeng berikut ini!
Raja Iskandar Zulkarnain merupakan seorang panglima perang yang gagah dan tangguh. Seluruh negeri yang diperanginya selalu menyatakan tunduk dan menyerah. Pedangnya bagaikan mempunyai mata, sanggup menyerang dan mengarah pada target yang diinginkan.
Seperdelapan bumi telah dikuasai oleh Raja Iskandar Zulkarnain hingga hingga mendekati India. Pada waktu akan menaklukkan negeri itu, suatu malam ia digigit seekor nyamuk. Namun, hasilnya amat fatal, Iskandar Zulkarnain jatuh sakit dan menderita demam hebat. Nyamuk itu ternyata membawa benih penyakit malaria. Sang Raja pun mati. Raja Iskandar Zulkarnain kalah oleh seekor nyamuk.
23. Berikut ini insiden luar biasa dari petikan dongeng di atas, kecuali ....
a. Seperdelapan bumi telah dikuasai oleh Raja Iskandar Zulkarnain
b. Raja Iskandar Zulkarnain digigit nyamuk ketika akan menyerang India
c. Pedang Raja Iskandar Zulkarnain menyerupai mempunyai mata sehingga sanggup menyerang eksklusif pada sasarannya
d. Raja Iskandar Zulkarnain yang populer gagah perkasa kalah oleh seekor nyamuk
Cermatilah penulisan buku harian berikut!
Kamarku, Senin, 13 Februari 2012
Hari ini saya masuk sekolah menyerupai hari biasanya. Saat itu, jam pertama di kelas sedang berlangsung pelajaran Bahasa Indonesia. Materinya ialah membaca puisi. Aku mengikutinya dengan antusias. Di tengah pelajaran, saya pamit ke toilet alasannya ialah ingin buang air. Saat kembali, saya ditunjuk maju oleh guru untuk membaca puisi. Aku yang sudah biasa membaca puisi, eksklusif maju saja. Sesaat setelah saya berdiri di depan kelas, teman-temanku tertawa sambil menunjukku. Ya, Tuhan, saya lupa belum menutup resleting celanaku.
24. Cerita pada buku harian di atas tidak mengandung unsur ....
a. waktu terjadinya peristiwa
b. perasaan tanggapan peristiwa
c. waktu penulisan
d. orang yang terlibat dalam peristiwa
Cermatilah kutipan laporan berikut ini!
Hujan deras yang disertai badai kemarin petang (15/6) telah menciptakan kota Semarang kegelapan. Pasalnya, sejumlah gardu listrik meledak alasannya ialah terjadi hubungan singkat dan kabel-kabel utama yang bergesekan dengan pohon-pohon di sepanjang jalan. Koresponden yang tiba ke beberapa kelurahan menerima kabar bahwa insiden tersebut mengakibatkan banyaknya pencurian yang sempat merugikan warga masyarakat.
25. Penggalan di atas berisi unsur-unsur isu menyerupai di bawah ini, kecuali …
a. Mengapa insiden itu terjadi?
b. Kapan insiden itu terjadi?
c. Di mana lokasi insiden itu?
d. Apa nama insiden yang terjadi?
Bacalah kutipan kisah anak berikut ini!
Si Jamin sudah beberapa kali pulang ke rumah membawa uang sedikit. Ia pun dimarahi Inem, istrinya. Si Inem selalu menyalahkan si Jamin. Dikatakannya suaminya kurang pintar dan kurang berani meminta-minta.
Itu memang betul. Si Jamin memang aib berbuat menyerupai budak-budak peminta sedekah yang lain. Budak-budak yang lain meminta uang dengan beberapa perkataan yang membujuk-bujuk, terkadang berdusta. Mereka tidak mau berhenti meminta dan tiada aib menurut-nurutkan orang, hingga orang itu membagi uang.
26. Komentar yang tepat perihal huruf tokoh si Jamin ialah ....
a. Si Jamin orang penakut alasannya ialah dia tidak mau meminta-minta pada orang-orang.
b. Si Jamin mempunyai harga diri yang tinggi terbukti dia tidak meminta-minta.
c. Si Jamin orang yang malas. Terbukti dia dimarahi alasannya ialah tidak bisa mendapatkan uang banyak.
d. Si Jamin orang yang tidak penurut. Dia tidak mendengarkan kata-kata orang lain, yaitu kata-kata si Inem.
27. Cermatilah kata-kata berikut ini!
(1) Menghardik (4) Sayatan
(2) Menyayat (5) Hasutan
(3) Tertimbun (6) Menimbun
Kata-kata di atas bila disusun ke dalam kamus kecil, urutannya menjadi ....
a. (1) – (3) – (5) – (4) – (6) – (2)
b. (1) – (5) – (4) – (2) – (6) – (3)
c. (1) – (5) – (2) – (4) – (3) – (6)
d. (1) – (5) – (2) – (4) – (6) – (3)
Perhatikan gambaran insiden berikut ini!
Hari ini Nina lupa menciptakan kiprah mengarang dongeng yang diperintahkan oleh Bu Marta, guru Bahasa Indonesia. Karena takut dimarahi oleh Bu Marta, Nina akhirnya menyontek dongeng yang ada di buku. Saat Bu Marta mengusut kiprah siswa, Bu Marta menemukan bahwa dongeng yang dibentuk Nina sama dengan dongeng yang ada di buku. Bu Marta akhirnya tidak member nilai untuk Nina alasannya ialah dongeng yang dibentuk Nina bukan hasil karyanya sendiri.
28. Tulisan dalam buku harian yang tepat dan sesuai dengan gambaran di atas ialah ….
a. Hari ini saya lupa menciptakan kiprah mengarang dongeng. Akhirnya, saya mengutip dongeng yang ada di buku. Aku pikir Bu Marta tidak akan tahu bahwa dongeng itu bukan dongeng orisinil karyaku. Eh, ternyata Bu Marta tahu. Aduh, Bu Marta tidak memberiku nilai. Cukup yang terakhir kali deh saya mengerjakan kiprah dengan tidak benar.
b. Hari ini saya sangat kesal. Aku tertangkap lembap mengutip dongeng dari buku. Padahal saya sudah menentukan dongeng yang tidak terkenal. Bu Marta memang jeli.
c. Hari ini saya bahagia sekali. Meskipun lupa, kiprah mengarang dongeng dari Bu Marta sanggup kuselesaikan dengan baik. Karena bingung, kuambil saja salah satu dongeng yang ada di dalam buku. Bu Marta tidak akan tahu kubohongi.
d. Hari ini saya kecewa. Bu Marta tidak menilai hasil dongeng yang kukarang. Padahal saya sudah susah payah membuatnya. Memang sih saya membuatnya gres saja soalnya tadi malam saya lupa kalau hari ini kiprah itu dikumpulkan. Ya, sudahlah.
Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Dian, tahun ini saya bermaksud berlibur ke rumahmu di Yogyakarta. Rencananya pada tanggal 27 Juni 2011. Aku akan naik kereta Senja Utama dan turun di Stasiun Tugu. Kamu mau kan menjemputku? (................)
Sebelumnya, kusampaikan terima kasih atas tanggapan suratmu.
29. Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi di atas ialah ....
a. Kuharap kau dan kakakmu mau menjemputku
b. Semoga orang tuamu sehat selalu, ya!
c. Semoga Yang Mahakuasa senantiasa bersama kita
d. Kutunggu tanggapan suratmu, ya!
“Ketika pemiliki rumah sedang bekerja di kantornya, perampok itu menjarah banyak sekali embel-embel dan benda-benda berharga yang ada di rumah itu.”
30. Dari cuplikan pernyataan isu di atas terkandung informasi yang menjawab pertanyaan ….
a. Siapa pelaku dalam insiden itu?, Di mana insiden itu terjadi?, dan Bagaimana insiden itu terjadi?
b. Kapan insiden itu terjadi?, Siapa pelaku dalam insiden itu?, dan Peristiwa Apa yang terjadi?
c. Di mana insiden itu terjadi?, Siapa pelaku dalam insiden itu?, dan Mengapa insiden itu terjadi?
d. Mengapa insiden itu terjadi?, Di mana insiden itu terjadi?, dan Peristiwa Apa yang terjadi?
Cermatilah gambaran berikut ini!
Shinta yang hebat,
(....) Aku dan adik-adik serta keluargaku juga sehat selalu. Setelah dua bulan kemudian saya pindah ke Jakarta, kau tidak berkabar sama sekali. Sibuk dengan kiprah di sekolah ya? Aku ingin kau menyebarkan kisah menyerupai dulu, mau kan?
31. Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali surat tersebut ialah ....
a. Kuingin kau dan teman-teman tidak akan melupakanmu.
b. Kuharap kau dan keluargamu ketika ini baik-baik saja.
c. Kukira kabar-kabar kesehatan sobat perlu kita sampaikan juga.
d. Kuyakin teman-teman kita masih sering berkomunikasi.
Perhatikan kutipan teks isu di bawah ini!
Pemerintah tidak merampungkan satu pun problem yang dialami petani secara tuntas. Hal tersebut terungkap dalam rapat kerja antara Menteri Pertanian, Anton Apriyantono, dan Komisi IV dewan perwakilan rakyat di Jakarta. Masalah yang dihadapi petani selalu seputar kelangkaan dan tingginya harga pupuk, benih palsu, kekeringan, kebanjiran, infrastruktur parah, kualitas produksi hingga sulitnya mengakses sumber pemodalan. “Masalah itu selalu muncul dan tidak satu pun yang diselesaikan secara tuntas,” ujar anggota Komisi IV dewan perwakilan rakyat dari PDI-P.
32. Pernyataan yang merupakan inti kutipan isu tersebut ialah ….
a. Pemerintah harus merampungkan problem yang dialami petani.
b. Pemerintah hendaknya merampungkan problem yang dialami petani secara tuntas.
c. Masalah yang dialami petani tidak satu pun diselesaikan pemerintah secara tuntas.
d. Masalah yang dialami pemerintah ialah cara merampungkan problem petani.
Kutipan dongeng berikut ini untuk soal nomor 33 dan 34!
”Jangan panik, gadis-gadis manis, saya ada di dekat kalian!” Astaga! Ternyata pohon besar itu yang berbicara. Ia tersenyum kepada Riri dan Nena. Sorot matanya bersahabat. ”Tolonglah kami, gadis-gadis kecil. Selamatkan nyawa kami!” Riri dan Nene kembali terkejut. Tak hanya pohon renta itu yang bisa berbicara. Ternyata, burung-burung kecil, kupu-kupu, dan binatang lainnya pun bisa berbicara menyerupai manusia. ”Aku ialah satu-satunya pohon yang belum ditebang penduduk. Tetapi, mungkin sebentar lagi mereka akan melakukannya. Seperti halnya manusia, kami juga makhluk Yang Mahakuasa yang punya hak untuk hidup di bumi ini. Coba kalian lihat betapa banyak burung-burung, kupu-kupu, dan hewan-hewan lain yang mencoba bertahan hidup di sini. Hanya kalian yang bisa memberikan pesan kami kepada mereka. Tolong katakan kalau merawat kami, niscaya kami akan melindungi mereka!
33. Hal luar biasa yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas ialah ....
a. Tumbuhan dan binatang ialah makhluk Tuhan
b. Pohon dan binatang yang bisa berbicara
c. Pohon dan binatang yang mempunyai hak hidup
d. Penebangan hutan secara liar oleh penduduk setempat
34. Berikut ini ialah nasihat yang sanggup kita petik dari kutipan dongeng di atas,kecuali ....
a. Hutan harus kita lestarikan, semoga keseimbangan alam tetap terjaga.
b. Penebangan pohon secara liar akan berakibat jelek kepada insan itu sendiri.
c. Pepohonan di hutan memang menjadi tempat berlindung burung.
d. Semua makhluk Yang Mahakuasa mempunyai hak hidup yang sama di muka bumi ini.
Perhatikan kutipan paragraf berikut ini!
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan sanggup berfungsi untuk melestarikan air, udara, dan tanah. Akar tumbuhan sanggup berfungsi sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan abrasi pada ketika hujan deras. Erosi dan banjir mengakibatkan lapisan tanah paling atas akan ikut hanyut. Padahal lapisan tanah paling atas ialah yang paling subur. Selain itu, hutan yang rimbun oleh pepohonan sanggup menjadi paru-paru dunia. Tumbuh-tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida.
35. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf di atas ialah ....
a. Apa yang terjadi kalau di hutan tidak ada pepohonan?
b. Apa fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan?
c. Siapa yang bertanggung jawab terhadap kelestarian hutan?
d. Bagaimana upaya masyarakat untuk melestarikan hutan?
Bacalah kisah pengalaman berikut ini dengan cermat!
Jaket, Oh, Jaket!
Suatu malam, Ibu pergi ke dokter. Biasa, badannya gatal-gatal. Karena udara sangat dingin, Ibu menggunakan jaket kesayangannya. Beberapa hari kemudian, Ibu kebingungan mencari jaket kesayangannya tersebut. Aku sudah curiga jangan-jangan ketinggalan di rumah Bu Dokter. Tapi, Ibu berkata bahwa itu tidak mungkin. Karena tidak ketemu juga maka insiden jaket hilang itu mulai kami lupakan.
Suatu hari, penyakit gatal Ibu kembali lagi. Maka dia kembali periksa ke rumah Bu Dokter. Namun, gres hingga di teras rumah Bu Dokter, penyakit gatal Ibuku eksklusif sembuh. Kenapa? Karena dia menyaksikan jaket kesayangannya teronggok manis dilantai sebagai keset.
36. Hal yang mengesankan dalam penggalam kisah pengalaman tersebut adalah ....
a. Ibu menderita penyakit gatal-gatal
b. Jaket kesayangan Ibu hilang dan sudah menjadi keset di rumah Bu Dokter
c. Karena kedinginan, Ibu menggunakan jaket
d. Penyakit gatal Ibu eksklusif sembuh ketika melihat jaket kesayangannya menjadi keset
37. Judul di bawah ini yang sanggup dikembangkan menjadi kisah pengalaman yang menyenangkan ialah ....
a. Bekerja Bakti Lingkungan
b. Kemiskinan di Desa Penghasil Emas
c. Bencana Banjir di Desaku
d. Tercebur ke Selokan
Bacalah pengumuman berikut dengan cermat!
Diberitahukan kepada seluruh siswa bahwa sekolah akan mengadakan temu wicara yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 April 2007, di aula Sekolah Menengah Pertama Kartika.
Demikian pengumuman ini disampaikan untuk sanggup ditanggapi sebagaimana semestinya.
38. Pengumuman tersebut belum tepat alasannya ialah tidak menginformasikan ....
a. Jam pelaksanaan
b. Hari pelaksanaan
c. Tempat pelaksanaan
d. Tanggal pelaksanaan
Bacalah pantun berikut ini!
Anak pria itu berlari kencang meninggalkan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Ketika itu, udara sangat panas. Angin kencang dan berdebu. Keringat kota diperas habis-habisan. Matahari terbahak. Pelabuhan menjerit.
39. Kutipan kisah di atas kalau dituliskan kembali dalam bentuk lebih sederhana menjadi ....
a. Di tengah pelabuhan yang panas, seorang anak pria sedang bekerja.
b. Ada seorang anak pria yang kelelahan alasannya ialah berlari kencang di pelabuhan.
c. Seorang anak pria tampak kepanasan. Meskipun demikian, ia harus tetap bekerja mencari sesuap nasi di pelabuhan.
d. Seorang anak pria berlari kencang meninggalkan pelabuhan. Saat itu, udara sangat panas dan matahari bersinar terik.
40. Pokok-Pokok isu sanggup diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H, yang mencakup ….
a. Apa?, Siapa?, Di mana?, Mengapa?, Apa akibatnya?, dan Kapan?
b. Kapan?, Siapa?, Di mana?, Lalu apa?, Berapa, dan Mengapa?
c. Di mana?, Mengapa?, Apa?, Kapan?, Bagaimana?, dan Siapa?
d. Mengapa?, Kapan?, Di mana?, Siapa?, Berapa?, dan Bagaimana?
Bacalah kutipan kisah anak berikut dengan cermat!
Kemudian, sang ayah berkata, ”Aku serahkan anak perempuanku ini. Dan sebagai gantinya, cabutlah taring dan kukumu yang tajam.” Setelah itu, si Singa yang udik berkata, ”Oh! Anak perempuanmu takut, ya. Padahal, walau pun saya lapar berat, saya tak akan memakannya....” Lalu, ia mencabut taring dan kukunya. Untuk meyakinkan hal itu, sang ayah kemudian segera memukul singa dengan tongkat dan mengusirnya.
41. Hal yang sanggup kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dari kisah di atas ialah ....
a. Kita harus mengasihi dan melindungi keluarga kita
b. Kita harus cerdik dalam menghadapi setiap ancaman
c. Kita harus waspada terhadap ancaman binatang buas
d. Kita harus bersikap baik terhadap sesama
Sambil memberi klarifikasi palsu itu George ogah menepi, seperti hendak memberi jalan pada Ben dan Carlos. Itulah ketika yang menentukan. Bisakah kedua penjahat itu dijebak? Ternyata bisa!
42. Watak tokoh George dalam kutipan tersebut ialah ...
a. Pembohong
b. Sopan
c. Penipu
d. Cerdik
Bacalah kutipan pantun berikut!
Pulau Pandan jauh di tengah,
Di balik pulau angsa dua.
Hancur tubuh dikandung tanah,
(….)
43. Larik yang tepat untuk melengkapi potongan yang rumpang tersebut ialah ….
a. Kelak kita berpisah.
b. Semua yang ada tidak berguna.
c. Budi baik terkenang jua.
d. Meski jauh tak bermasalah.
Langkah Korut memang mengundang keprihatinan. Saat dunia risau dengan kekerasan dan perang yang berkecamuk di Irak dan Afganistan, negeri itu bermanuver dan menciptakan dunia khawatir. Khawatir bila manuver itu memicu pada perang yang lebih memusnahkan alasannya ialah menggunakan nuklir sebagai senjata pamungkas.
44. Istilah manuver dalam paragraf di atas berarti ....
a. Gerakan yang cepat dalam bidang politik
b. Gerakan cepat dalam latihan militer
c. Gerakan yang tangkas dan cepat dari pasukan dalam perang
d. Latihan perang-perangan oleh militer
Bacalah kutipan kisah berikut ini!
Tak usang kemudian, mereka berkumpul di taman. Beaver, si berang-berang ingin bermain bisbol. Bear, si beruang, Goose si angsa, dan Duck, si angsa setuju.
Ketika sedang membentukkan tim, Franklin, si kura-kura memaksa ingin menjadi pelempar bola lagi.
Semua temannya berteriak bersama-sama, ”kamu tidak adil.”
Franklin tahu bahwa mereka benar. Ia seharusnya dilarang menjadi pelempar bola terus. Sekarang, gilirannya untuk berjaga di lapangan.
45. Jika diminta menceritakan kisah di atas dengan alat peraga, alat peraga yang tepat untuk penggalan kisah di atas ialah ....
a. boneka beruang, boneka angsa, boneka bebek, boneka kura-kura, dan boneka kelinci
b. boneka kura-kura, boneka angsa, boneka kancil, boneka bebek, dan boneka berang-berang
c. boneka kura-kura, boneka beruang, boneka angsa, boneka ayam, dan boneka berang-berang.
d. boneka berang-berang, boneka beruang, boneka angsa, boneka bebek, dan boneka kura-kura.
Perhatikan kutipan teks di bawah ini
Puisi ialah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh tata puitika. Bahasa yang padat dan penuh metafora ialah ciri umum dari puisi. Setiap orang sanggup menulis puisi dengan banyak sekali cara dan sanggup dilakukan kapan pun. Biasanya seseorang yang yang sedang jatuh cinta lebih gampang menuliskan bait-bait puisi dibandingkan dengan seseorang yang tidak sedang jatuh cinta. Hal ini alasannya ialah kepekaan hati yang dimiliki setiap orang berbeda.
46. Gagasan utama paragraf tersebut ialah ….
a. Bahasa dalam puisi padat
b. Cara menulis puisi sanggup banyak sekali cara
c. Bahasa dalam puisi penuh metafora
d. Bahasa dalam puisi terikat oleh tata puitika
“Masyarakat Aceh kembali diliputi kepanikan. Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR), mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.”
47. Unsur-unsur isu yang tidak terdapat pada kutipan isu di atas ialah ….
a. Kapan insiden itu terjadi?, Mengapa insiden itu terjadi?, Bagaimana insiden itu terjadi?
b. Kapan insiden itu terjadi?, Siapa yang mengalami insiden itu?, Mengapa insiden itu terjadi?
c. Peristiwa apa yang terjadi?, Mengapa insiden itu terjadi?, Bagaimana insiden itu terjadi?
d. Peristiwa apa yang terjadi?, Siapa yang mengalami insiden itu?, Berapa korban tanggapan insiden itu?
48. Penjedaan pembacaan teks Pancasila sila keempat yang benar ialah ....
a. Kerakyatan yang dipimpin/ oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
b. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/ kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan/ perwakilan//
c. Kerakyatan/ yang dipimpin/ oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
Cermatilah kutipan laporan berikut ini!
Demikian disampaikan anggota Komisi XI DPR, Dradjad H. Wibowo, kepada Kompas, Selasa di Jakarta. Seperti diberitahukan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetapkan Burhanuddin serta dua pejabat Bank Indonesia (BI), Oey Hoey dan Rusli Simanjutak sebagai tersangka kasus aliran dana kepada anggota DPR.
49. Unsur isu yang terdapat dalam teks di atas ialah ...
a. Siapa? dan mengapa?
b. Kapan? dan bagaimana?
c. Kapan? dan mengapa?
d. Siapa? dan apa?
Bacalah kutipan kisah berikut ini!
Dengan cemberut, Mimi beranjak ke kamarnya di lantai dua. Ditutupnya pintu dengan keras hingga suaranya berdebum. Mimi merasa kesal kepada mamanya. Mamanya selalu memperlakukannya menyerupai anak kecil, mengatur kehidupannya hampir di segala bidang.
50. Cerita di atas sanggup diceritakan kembali menjadi ....
a. Mimi merasa kesal alasannya ialah mamanya selalu memperlakukannya menyerupai anak kecil, bahkan kehidupannya pun diatur oleh mamanya.
b. Mimi tidak mau diatur-atur oleh mamanya. Ia bukan lagi anak kecil. Ia kemudian masuk kamar dan tidak mau bicara lagi kepada mamanya.
c. Mimi kesal kepada mamanya. Ia membanting pintu kamarnya dan tidak mau bicara kepada mamanya.
d. Mimi tidak mau diperlakukan menyerupai anak kecil oleh mamanya. Ia hingga membanting pintu kamarnya.
Kunci Jawaban :
(1) D, (2) C, (3) C, (4) D, (5) C, (6) C, (7) D, (8) B, (9) C, (10) D, (11) A, (12) D, (13) A, (14) B, (15) C, (16) C, (17) D, (18) B, (19) C, (20) C, (21) A, (22) D, (23) B, (24) B), (25) D, (26) B, (27) D, (28) A, (29) A, (30) B, (31) B, (32) C, (33) B, (34) B, (35) B, (36) B, (37) A, (38) A, (39) D, (40) C, (41) B, (42) D, (43) C, (44) A, (45) D, (46) D, (47) A, (48) A, (49) D, (50) A
(1) D, (2) C, (3) C, (4) D, (5) C, (6) C, (7) D, (8) B, (9) C, (10) D, (11) A, (12) D, (13) A, (14) B, (15) C, (16) C, (17) D, (18) B, (19) C, (20) C, (21) A, (22) D, (23) B, (24) B), (25) D, (26) B, (27) D, (28) A, (29) A, (30) B, (31) B, (32) C, (33) B, (34) B, (35) B, (36) B, (37) A, (38) A, (39) D, (40) C, (41) B, (42) D, (43) C, (44) A, (45) D, (46) D, (47) A, (48) A, (49) D, (50) A
Selamat mencar ilmu

